KNOWLEDGE
KNOWLEDGE

Jenis-jenis media konektivitas IoT

Sebelum istilah IoT pertama kali diperkenalkan oleh Co-founder Auto-ID Lab MIT Kevin Ashton pada 1999, beberapa media konektivitas data yang menjadi umum digunakan pada IoT hari ini, telah diperkenalkan dan diaplikasikan lebih dulu kepada publik untuk kebutuhan lain, seperti konektivitas website dan lain sebagainya.

Internet of Things adalah konsep di mana berbagai perangkat bersensor saling terhubung melalui internet untuk mengumpulkan dan mentransfer data. Untuk itu, diperlukan protokol komunikasi data untuk menghubungkan berbagai perangkat tersebut melalui suatu jaringan yang terhubung ke internet.

Namun tidak terbatas dari konsepnya, sebuah perangkat dengan berbagai sensor untuk melakukan data capture dapat dibatasi hanya pada lingkup jaringan privat untuk keamanan data yang lebih terjaga.

Sehingga, saat ini banyak berbagai jenis media konektivitas IoT yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini yang paling umum digunakan :

Bluetooth

Salah satu teknologi nirkabel jarak pendek yang cukup umum digunakan adalah Bluetooth. Protokol Bluetooth yang baru-baru ini diperkenalkan di antara para protokol IoT adalah BLE atau Bluetooth Low-Energy. Protokol Ini akan memberikan jangkauan Bluetooth konvensional yang dikombinasikan dengan supremasi konsumsi daya yang lebih rendah.

Perlu diingat bahwa BLE tidak dirancang untuk mentransfer file besar.

BLE memungkinkan perangkat sensor untuk mengakses internet langsung melalui 6LoWPAN.

 

WiFi

Untuk integrasi IoT, WiFi adalah pilihan yang disukai menurut banyak pegiat IoT karena infrastruktur yang dimilikinya. WiFi memiliki kecepatan transfer data yang cepat bersama dengan kemampuan untuk mengontrol sejumlah besar data.

Standar spesifikasi 802.11 yang tersebar luas memberikan kemampuan untuk mentransfer ratusan megabit hanya dalam satu detik. Kelemahan dari protokol IoT ini adalah dapat mengkonsumsi daya yang berlebihan untuk beberapa aplikasi IoT.

 

ZigBee

Sama seperti Bluetooth, terdapat basis pengguna ZigBee yang luas. Diantara protokol internet of things, ZigBee dirancang khusus untuk industri walaupun dapat juga digunakan sebagai personal. Biasanya beroperasi pada frekuensi 2.4GHz. ZigBee sangat ideal untuk lokasi industri di mana data umumnya ditransfer dengan tarif rendah di antara rumah atau bangunan.

ZigBee dan Remote Control ZigBee yang populer populer sebagai Protokol Keamanan IoT yang terkenal untuk memasok solusi yang aman, berdaya rendah, dan dapat diskalakan bersama dengan jumlah node yang tinggi. 

 

Seluler

Ada banyak perangkat IoT yang mungkin memerlukan operasi pada jarak yang lebih jauh. Perangkat IoT ini dapat menggunakan komunikasi Seluler seperti GSM/3G/4G. Seluler adalah salah satu Protokol Komunikasi IoT yang dapat mengirim atau mentransfer data dalam jumlah besar namun dengan biaya pulsa yang cukup mahal. Tidak hanya membutuhkan biaya tinggi, tetapi juga membutuhkan konsumsi daya yang tinggi untuk beberapa perangkat tertentu. 

 

Recent Posts
             

Clients and Partners